Quiz 1 MPPL 2022

Tuliskan jawaban di blog, kemudian beri link komentar pada posting soal ini. Berakhir sampai pukul 09.00 WIB 1. Sebutkan perbedaan pekerjaan proyek dan pekerjaan rutin (Min 4).
2. Apa saja yang perlu dikelola dengan baik, agar proyek dapat berhasil. Jelaskan.
3. Siapakah yang dimaksud dengan stakeholder dalam proyek. Sebutkan dan jelaskan perannya.
4. Komposisi Tim Proyek terdiri dari siapa saja? Apa peran masing-masing.
5. Tuliskan draft Project Charter untuk link proyek berikut :

https://projects.co.id/public/browse_services/view/481612/jasa-pembuatan-website-streaming-film-seperti-indoxxi-lk21-dunia21

1. Perbedaan pekerjaan projek dan pekerjaan rutin :
A. Pekerjaan projek :
- Waktu bekerja yang fleksibel
- Gaji yang didapat bersifat fluktuatif tidak menentu
- Pekerja projek tidak mendapatkan tunjangan apapun
- Pekerja projek dapat bekerja dimana saja
B. Pekerjaan Rutin :
- Waktu bekerja mengikuti jadwal yang ada atau telah disepakati
- Gaji yang didapat sesuai kontrak yang telah disepakati
- Pekerja rutin bisa mendapatkan tunjangan berupa asuransi Kesehatan ataupun uang penisun saat masa kerja berakhir
- Pekerja rutin biasa bekerja di tempat sesuai dengan kontrak yang telah disepakati

2. Yang perlu dikelola dengan baik agar proyek dapat berhasil :
A. Mengelola Risiko :
- Dengan melakukan manajemen proyek, Anda dapat mengatasi risiko yang mungkin terjadi. Keberhasilan pelaksanaan proyek tak lepas dari ’trial and error’ selama menjalani prosesnya. Oleh karena itu, mengelola resiko yang akan dihadapi dapat menjadi peranan penting
B. Memaksimalkan Potensi Tim
- Tim yang ada merupakan sumber daya manusia yang penting karena mereka adalah salah satu aktor yang menentukan kesuksesan suatu projek. Dengan menggerakkan setiap individu agar dapat memainkan perannya dengan maksimal, kita mampu membuat perencanaan yang baik serta memiliki kemampuan dalam mengelola proyek.
C. Menciptakan Perencanaan yang Tepat
- Manajemen proyek mengarahkan pada perencanaan yang tepat mencakup seluruh proses awal hingga akhir dengan memaksimalkan kualitas dan kapabilitas.
D. Memanfaatkan Peluang
- Manajemen proyek sangat membantu mengelola sebuah peluang untuk dimanfaatkan bagi perkembangan perusahaan tanpa mengurangi nilai utama yang ingin dicapai perusahaan.
E. Mengelola Integrasi - Sistem, proses bisnis, organisasi, dibutuhkan kesinambungan antara 3 elemen tersebut membuat kunci dari nilai sebuah proyek tetap terjaga. Manajemen proyek berperan penting dalam mengidentifikasi dan mempertahankan integrasi.
3. Pengertian dan peranan stakeholder :
Stakeholder proyek adalah pihak-pihak baik secara individual, kelompok, maupun organisasi yang mungkin mempengaruhi atau dipengaruhi oleh keputusan, aktifitas, dan hasil dari suatu proyek.
A. Stakeholder Kunci Stakeholder kunci adalah bagian kelompok eksekutif yang memiliki wewenang resmi atas pengambilan keputusan. Contohnya pemerintah kabupaten dalam proyek pemerintah daerah, CEO perusahaan yang terlibat langsung dalam pembuatan proyek perusahaan.
B. Stakeholder Utama Stakeholder utama adalah stakeholder yang memiliki ikatan yang kuat hubungannya dengan penyusunan kebijkan proyek. Contohnya masyarakat, tokoh masyarakat, dan manajer publik
C. Stakeholder Pendukung Stakeholder pendukung atau sekunder adalah pihak yang tidak berhubungan langsung terhadap suatu proyek, tetapi tetap mempengaruhi suatu proyek. Contohnya pemerintah, LSM, dsb,

4. Komposisi tim proyek dan peranannya masing-masing : A. Manajer Projek Manajer projek berperan dalam mengontrol aktivitas proyek seperti penjadwalan, penganggaran, pelaporan dan kontrol, komunikasi, manajemen risiko dan ? administrasi mendukung.
B. Ahli marketing Marketing / vendor merupakan pihak-pihak eksternal yang masuk dalam perjanjian kontrak di dalam proyek berperan dalam menyediakan komponen atau jasa yang diperlukan dalam pengerjaan proyek.
C. Staff Staff berperan untuk menjalankan kerja projek sesuai dengan bagiannya masing- masing
D. Ahli Pendukung Ahli pendukung berperan untuk membantu pengelolaan proyek dalam hal kontraktor, manajemen keuangan, logistik, hukum, keselamatan, teknik, tes, atau kontrol kualitas.
E. Mitra Bisnis Mitra bisnis adalah perusahaan eksternal, tetapi mereka memiliki hubungan khusus dengan perusahaan, berperan untuk menyediakan keahlian khusus atau mengisi peran tertentu seperti instalasi, kustomisasi, pelatihan, dan dukungan.
5. Project Charter untuk link proyek berikut: https://projects.co.id/public/browse_services/view/481612/jasa-pembuatan-website-streaming-film-seperti-indoxxi-lk21-dunia21

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 2 - ANALISIS PROJECT CHARTER DAN STAKEHOLDER PROYEK BOT TELEGRAM AMIBROKER

November 14, 2022 ETS MPPL B 2022 ETS MPPL B 2022 Merancang Sistem Market Place Toko Online